Selasa, 15 Maret 2011

Klungbot, Robot Pemain Angklung Karya Anak Negri

Tentunya anda pasti tahu apa itu anglung. Angklung adalah alat musik daerah kebudayaan sunda dan paling banyak ada di Jawa bagian Barat. Alat musik ini cukup rumit untuk dimainkan oleh satu orang saja, butuh banyak orang untuk memainkannya agar memiliki nada yang teratur.



Melihat kerumitan ini, akhirnya Karismanto Rahmandika, siswa SMP Negeri 14, Bandung, dan Krisna Diastama yang merupakan siswa SD Islam Ibnu Sina, Bandung membuat sebuah robot untuk memainkan Angklung agar meminimkan jumlah pemainnya. mereka menamai robot tersebut dangan nama KlungBot.




Dalam menciptakan robot pemain angklung ini, Krisna menggunakan robot Lego Mindstorm. Untuk membuat si robot bekerja, ia menerjemahkan nada-nada musikal menjadi bahasa program. Ia melakukannya dengan perangkat lunak LeJOS yang biasa digunakan untuk Lego. Bahasa program inilah yang kemudian diterima oleh bagian penerjemah pesan yang terhubung lewat Bluetooth dan selanjutnya ke penggerak.




Hasil karya mereka ini masuk dalam kategori National Young Inventor Awards di LIPI. suatu prestasi yang membanggakan. ide hebat mereka ini sangat menakjubkan karna mereka telah berhasil menyatukan Teknologi dengan Budaya / culture Hingga dapat menciptakan karya robot Klungbot ini.


Posted on


  • by
  • Iyandiansyah

  • in
  • Label:

  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar